== >>Selamat datang di blog saya, terima kasih atas kunjungannya...jangan lupa klik LINK-LINK di bawah ini...( E- mail : b03sr1@gmail.com )

Tuesday 25 November 2008

Tiga Strategi Bisnis

Apa sebenarnya yang membuat Microsoft terus berjaya?
Lalu mengapa Nokia mampu menjadi produk cell phone yang paling banyak dicintai para konsumen?
Dan apa yang membuat BMW selama puluhan tahun terus menjadi ikon kemakmuran yang terus diburu orang?

Terdapat tiga strategi yang diaplikasikan oleh perusahaan-perusahaan kelas dunia:

1. Product leadership (keunggulan produk).

Perusahaan pada kategori ini selalu berupaya menciptakan produk-produk dengan kualitas premium, dan selalu one step ahead dibanding produk kompetitor. Mereka tak segan-segan mengeluarkan dana besar untuk bagian R & D-nya demi terciptanya produk yang unggul. 

2. Operational excellence (keunggulan operasional).

Bagi perusahaan dalam kategori ini, yang paling utama adalah membangun proses bisnis yang super efisien. Harapannya, dengan efisiensi proses ini, mereka mampu menekan ongkos produksi, dan ujung-ujungnya bakal mampu menjual produknya dengan harga yang lebih kompetitif. 

3. Customer intimacy (keintiman dengan pelanggan).

Bagi perusahaan dalam kategori ini membangun hubungan yang intim dengan para pelanggannya; dengan harapan akan tercipta relasi yang langgeng, sehingga mereka bisa membangun fanatisme yang amat intens dengan jutaan penggemarnya di seluruh jagat.

Sumber : strategimanajemen.net


No comments: